Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

MasterKicau.com– Jalak Suren makin hari makin dikenal olehMaster Kicaudi tanah air ini. Bahkan makin banyak para pemula yang mulai memelihara Burung Berkicau ini, hal tersebut bisa di lihat dari makin banyaknya orang yang mencari tahu cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina.

Baca Juga : Makanan Jalak Suren Terbaik Agar Makin Rajin Berkicau

PermintaanBurung Kicauini di pasaran juga makin meningkat meskipun harganya masih cukup tinggi di beberapa wilayah di tanah air. Banyak yang awalnya tidak memelihara akhirnya ikut-ikutan memelihara nya.

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina danperbedaanblogspot
Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina (danperbedaan.blogspot.com)

Di berbagai kota bahkan hingga ke pelosok pun sekarang ini makin mudah di temukan perlombaan gantangan khusus jalak suren ini. Ketenarannya bukan tanpa alasan, Suara Kicau nya yang merdu dengan kemampuan nya yang hampir mirip burung beo merupakan nilai tambah tersendiri bagi jalak suren karena memang bisa menirukan semua yang didengarnya termasuk suara manusia.

Jika di perkotaan jalak suren dipelihara karena kualitas dan kemampuan suaranya, maka jika di desa jalak suren terkenal dengan kemampuan nya dalam memburu hama atau serangga yang mengganggu tanaman di sawah ketika akan memasuki masa panen.

Ketika jalak suren berada di areal persawahan, biasanya jalak suren akan mengeluarkan suara kicau nya yang khas sebagai petunjuk atau sebagai cara berkomunikasi antar sesamanya. Suaranya saling bersahutan satu dengan lainnya dan penuh ragam suara.

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Bagi sebagian pemula, cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina memang bisa dibilang gampang tapi susah. Namun bagi yang sudah lama memelihara jalak suren tentu saja cukup mudah membedakan nya karena suara yang dikeluarkan oleh pejantan dan betina memang berbeda.

Jalak suren yang jantan memiliki suara yang jauh lebih lantang daripada betinanya dan suaranya kebanyakan berbeda-beda. Sedangkan jalak suren yang betina suaranya terdengar jauh lebih tinggi melengking-lengking daripada pejantan nya.

Baca Juga : Harga Jalak Suren Paling Lengkap Terbaru Update

Jika Anda memutuskan ingin memelihara jalak suren yang jantan namun bingung cara membedakan jalak suren jantan dan betina nya, maka di bawah ini ada ciri-ciri khusus sebagai pembeda antara pejantan dan betina nya jalak suren.

Harap diperhatikan ya, semakin santai dan teliti Anda memperhatikan gerak-gerik burung jalak suren dalam sangkar nya, maka akan semakin jelas Anda melihat perbedaan antara kedua burung berbeda jenis tersebut. Apalagi jika Anda juga membawa seseorang yang lebih tahu tentang kondisi jalak suren, maka bisa lebih enak saat memilihnya.

Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Namun bagi Anda yang tidak memiliki seorang pun yang faham mengenai perbedaan jalak suren jantan dan betina atau Anda memang ingin membeli burung jalak tersebut seorang diri, maka tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan beberapa tips membedakan jalak suren jantan dan betina di bawah ini.

Cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina ini bisa Anda lakukan sendiri hanya dengan melihat ciri-cirinya saja sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Jalak Suren Jantan

  1. Postur tubuh nya terlihat lebih panjang serta lebih lonjong daripada betina.
  2. Ukuran tubuh nya jauh lebih besar daripada tubuh betina.
  3. Paruh nya terlihat lebih kokoh dan lebih panjang.
  4. Kepala dari jalak suren jantan ukuran nya terlihat lebih besar dan cenderung bulat daripada kepala jalak suren betina.
  5. Warna kulit di bagian atas mata nya terlihat lebih cerah dan lebih jelas daripada jalak betina.
  6. Di bagian kepala, dada serta punggung dari pejantan warna nya lebih hitam dan tampak lebih mengkilap.
  7. Ekor nya lebih panjang dan bulu nya lebih menyatu.
  8. Bulu putih di bagian bawah tubuh nya terlihat lebih bersih.
  9. Jambul di bagian kepala nya terlihat lebih panjang serta agak melebar ketika mengembang.

    Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina
    Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina (burungkicaunusantara.blogspot.com)
  10. Kedua kaki nya lebih panjang dan kokoh dari betina.

Baca Juga : Racikan Pakan Kolibri Ninja Agar Cepat Gacor

Jalak Suren Betina

  1. Bentuk kepalanya jalak betina terlihat lebih ramping.
  2. Ukuran tubuh nya lebih kecil daripada jantan.
  3. Postur tubuh nya lebih pendek dengan bentuk yang agak bulat.
  4. Jalak suren betina memiliki paruh yang ukurannya lebih pendek dibandingkan dengan jalak jantan.
  5. Warnanya yang hitam dan putih terlihat lebih kusam daripada penjantannya.
  6. Begitupun dengan bulu putih nya di bagian bawah tubuhnya cenderung kusam.
  7. Jari-jari kaki nya lebih pendek daripada pejantan.
  8. Jalak suren betina memiliki ekor yang ukurannya lebih pendek dan lebih halus.
  9. Jambul di bagian kepala nya tidak begitu lebar dan terlihat lebih pendek.

Beberapa ciri fisik dari jalak suren di atas bisa Anda pelajari dengan seksama agar tahu cara membedakan jalak suren jantan dan betina sebelum Anda memutuskan akan memelihara jalak suren yang jantan atau yang betina nya.

Memang agak susah di awal-awal nya, namun jika kita saksikan dengan seksama tentu akan terlihat perbedaan yang cukup jelas antara pejantan dan betina nya. Apalagi jika Anda memperhatikan tidak terlalu tergesa-gesa tentu akan lebih teliti lagi nantinya.

Baca Juga : Cara Ternak Cucak Ijo Dengan Mudah Untuk Pemula

Anda bisa mengamati terlebih dahulu jalak suren dalam sangkar yang dijual dengan mencocokkan ciri-ciri di atas dengan ciri-ciri jalak suren yang terlihat di dalam sangkar sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membeli dan memeliharanya.

Ada juga cara lain sebagai petunjuk untuk membedakan jenis kelamin jalak suren, yaitu dengan melihat bagian duburnya. Jika diperhatikan bagian dubur dari jalak suren, maka yang jantan akan terlihat lingkaran warna rada gelap, warna nya terlihat seperti warna ungu atau warna biru.

Selain itu, perilaku jalak suren yang jantan juga terlihat jauh lebih agresif daripada jalak suren yang betina. Meskipun cukup susah untuk membedakan jenis kelamin jalak suren berdasarkan perilaku nya, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Kalau di pasar-pasar burung yang menjual jalak suren di dalam sangkar, biasanya si burung jalak akan terbang kesana kemari saat Anda mendekati sangkar nya. Nah saat itulah Anda bisa memperhatikan setiap tingkah nya, jika terlalu agresif kemungkinan besar dia lah si jantan.

Demikianlah bahasan singkat mengenaiCara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betinadengan cukup mudah berdasarkan ciri-ciri khusus di atas. Semoga bisa memberi sedikit pencerahan bagi Anda yang kebingungan saat akan membeli jalak suren jantan atau betina nya. Semoga bermanfaat.