Cara Ternak Kacer yang Mudah dengan Perhitungan Usaha

MasterKicau.com – Cara Ternak Kacer agar sukses memang memerlukan keuletan dan kesabaran yang cukup tinggi, khususnya bagi calon peternak atau yang masih pemula. Tidak jarang dari mereka ini yang mengalami kegagalan dan akhirnya lebih memilih untuk berhenti sebelum usahanya benar-benar berjalan.

Baca Juga : Cara Merawat Kacer Untuk Pemula Agar Cepat Gacor

Bahkan banyak sekali yang mengalami kegagalan setelah mulai berjalan beberapa waktu lamanya, perkara yang paling sering terjadi biasanya indukan betina dan indukan jantan sulit sekali berjodoh atau masalah-masalah lainnya. Kebanyakan dari mereka biasanya belum mengerti Cara Ternak Kacer yang baik hingga seringkali mengalami kegagalan sebelum memulai proses penangkaran.

Cara Ternak Kacer yang Mudah dengan Perhitungan Usaha
image source (hargacara.com)

Padahal peluang berbisnis penangkaran kacer di sebagian kota memang sedang naik daun sekarang ini. Banyak calon peternak pemula yang memutuskan tekadnya masuk di bisnis ini, bahkan peternak Burung Kicauan lainnya pun juga banyak yang ikut-ikutan mencicipi gurihnya usaha ternak kacer ini.

Cara Ternak Kacer agar lancar dan sukses tidak akan terlepas dari pemilihan indukan yang bagus atau berkualitas. Biasanya dimulai dari pemilihan indukan betina karena kacer termasuk jenis Burung Kicau yang susah sekali dijodohkan. Jika salah dalam pengamatan, maka bisa jadi akan gagal dalam proses perjodohan selanjutnya.

Memang yang terbaik dalam memilih indukan kacer adalah dengan cara membeli indukan kacer sekaligus sepasang atau sepasang indukan yang sudah jadi meskipun cara ini relatif lebih mahal namun hasilnya bisa lebih pasti, mengingat sulitnya kacer dijodohkan jika membeli indukan nya secara terpisah.

Baca Juga : Harga Kacer Paling Lengkap Terbaru Update

Bagi sebagian besar peternak yang sudah terbiasa bergelut di Penangkaran Kacer, proses penjodohan indukan kacer merupakan tantangan tersendiri yang memerlukan hampir segenap kemampuan. Dibutuhkan banyak percobaan hingga berhasil menjodohkan kacer tersebut, dan hal ini tentu saja bukan pekerjaan mudah. Banyak waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk itu.

Di bawah ini akan coba dijelaskan Cara Ternak Kacer yang baik hingga sukses dengan cukup mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun yang disertai dengan analisa perhitungan biayanya untuk mempermudah persiapan modal atau perkiraan kemampuan dananya.

Cara Ternak Kacer dan Kalkulasi Usahanya

Proses penangkaran kacer bisa dimulai dengan pemilihan indukan betina yang usianya kisaran 1 tahunan. Sedangkan untuk indukan jantannya bisa dipilih yang usianya belum lebih dari 2 tahun. Usahakan dalam memilih indukan betinanya yang sudah jinak namun karakternya cukup pemberani (bermental bagus).

Cara Ternak Kacer Mudah
image source (youtube.com)

Indukan betina memang harus dipilih yang sudah jinak agar saat proses mengerami telurnya tidak mudah terganggu. Namun jika betinanya masih giras akan sulit mengerami telurnya karena bising sedikit aja misalkan ada suara langkah manusia yang mendekati kandangnya akan langsung stres, dan klo sudah seperti ini biasanya indukan tidak mau lagi mengerami telurnya dan bahkan akan memecahkan telurnya.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Kacer Giras Dalam Waktu Singkat

Cara Ternak Kacer yang mudah dalam memilih indukan betina yang cukup jinak bisa dibeli langsung di peternak kacer terdekat di kota Anda karena kacer hasil ternakan langsung biasanya lebih mudah jinak namun cukup pemberani. Bagitupun untuk indukan jantan sebaiknya dibeli langsung dari peternak daripada membeli dari hasil tangkapan liar. Meskipun harga di peternak biasanya lebih mahal, namun kualitasnya sudah terjamin.

Jika Anda memiliki cukup dana, cara ternak kacer bisa Anda mulai dengan membeli indukan betina pemilik trah juara secara langsung. Karena betina pemilik trah juara biasanya punya andil 70-80% dalam menurunkan kualitas anakannya, hal itu sudah banyak dibuktikan oleh penangkar profesional. Apalagi jika Anda sanggup membeli sepasang indukan pemilik trah juara, tentu hasil anakannya akan luar biasa sekali.

Namun bagi Anda yang dananya pas-pasan tentu saja tidak perlu khawatir, karena kualitas Burung Kicauan tidak mutlak ditentukan dari turunan genetik trah juara atau tidaknya, namun juga ditentukan dari perawatannya yang justru pegang peranan hingga 60-70% dari kualitas kicauan seekor burung khususnya kacer.

Model Kandang Penangkaran Kacer
Biasanya para penangkar burung kacer menggunakan kandang yang ukurannya

  • Lebarnya 90 – 150 cm
  • Tingginya 170 – 200 cm dan
  • Panjangnya 100 – 200 cm

Dan ukuran kandang kacer tersebut tidak jauh beda dengan ukuran kandang Murai Batu.

Bagian dinding belakang dan bagian samping dari kandang (kiri dan kanan) biasanya dibuat dari batako /batu bata merah yang tidak di plester dan hal itu bertujuan untuk menjaga suhu dan kelembaban kandang. Sedangkan bagian depannya kandang dibuat dari kawat ram agar terbuka yang dilengkapi dengan 1 pintu besar untuk masuknya orang dan 1 pintu kecil untuk memasukkan burung.

Baca Juga : Cara Merawat Kenari agar Gacor dan Bunyi Panjang

Dua bak berukuran cukup besar perlu disediakan dalam kandang kacer, Bak yang 1 berisi air untuk tempat mandinya, dan satunya lagi berisi batu-batuan kecil dicampur pasir sebagai fasilitas bagi si betina yang biasanya membawa batu-batuan kecil kesarangnya sebelum dia bertelur.

Cara Ternak Kacer yang Mudah
image source (cherewed.com)

Untuk kotak sarangnya bisa dibuat dari triplek tebal atau papan kayu dengan ukuran paling minim 15 x 15 x 15 cm. Selain membuat dari kotak kayu, sebagian orang ada yang membuatnya dari batang pohon kering yang dilubangi bagian dalamnya sekitar 10-12cm lebarnya.

Cara Ternak Kacer yang sukses juga dipengaruhi oleh penempatan kotak sarang dibagian paling belakang dan paling atas kandang. Hal itu bertujuan agar saat proses mengerami telurnya sang induk tidak merasa terlalu terganggu ketika kita mengganti air minum atau pakannya.

Bagian dalam kotak sarang bisa diberi dahan-dahan atau dedaunan yang telah kering seperti daun sengon, daun lamtoro, daun cemara atau sabut kelapa. Namun sebaiknya jangan semuanya ditaruh di dalam sarang, biarkan sebagian berada diluar agar indukan bisa menyusun sendiri sarangnya nanti.

Dan kalau bisa juga berikan pilihan sarang lebih dari 1 agar indukan betina bisa memilih sendiri letak sarangnya yang sebelah mana. Jika indukan sudah mendiami salah satu sarang tersebut, maka sarang satunya yang tidak terpakai bisa Anda lepas.

Proses Penjodohan Kacer
Cara Ternak Kacer pastilah berhubungan erat dengan penjodohan kacer yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Penjodohan cara pertama bisa dilakukan dalam kandang utama (kandang penangkaran) dengan melepas indukan betina secara langsung kemudian di susul dengan si-jantan bersama sangkarnya sebagai bentuk perkenalan lebih dulu selama 2 mingguan atau kurang.

Untuk penjodohan cara kedua dan termasuk cara yang sering dipakai para peternak senior ialah dengan mendekatkan/menempelkan sangkar jantan dan betina di luar kandang utama (kandang penangkaran) dan membiarkannya selama 1 – 2 mingguan untuk selanjutnya dilihat perkembangannya.

Cara Ternak Kacer agar sukses selama masa penjodohan, sebaiknya kedua indukan baik yang betina maupun yang jantan usahakan untuk diberi tambahan vitamin pembangkit birahi seperti BirdMature atau bisa juga merek lainnya yang banyak beredar dipasaran.

Pemberian vitamin tambahan selain untuk meningkatkan libido masing-masing indukan, ternyata juga bisa meningkatkan daya tetas telur menjadi lebih baik dan kualitas anakan tentu saja juga jadi lebih bagus.

Baca Juga : Lovebird Olive Ciri Ciri Beserta Gambar Dan Harganya

Lamanya proses penjodohan bisa jadi akan molor hingga 3 atau 4 mingguan karena banyak faktor, seperti kondisi lingkungan maupun cuaca yang kurang bagus (terlalu panas atau terlalu bising) bagi kedua indukan kacer dan juga tergantung dari karakter masing-masing indukan.

Sebelum masa penjodohan di akhiri, perhatikan dulu beberapa tanda yang diperlihatkan oleh kedua indukan kacer tersebut untuk MEMASTIKAN bahwa Penjodohannya berhasil, diantaranya :

Cara Ternak Kacer
image source (ptnasa.net)
  1. Kacer jantan akan memamerkan kicauannya lebih nyaring dari biasanya dan si betina akan membalas kicauan dari sang jantan dengan riangnya.
  2. Kacer betina yang biasanya lebih banyak diam ketika sudah mulai berjodoh dan birahi akan berkicau seperti memanggil si jantan dan ditunjukkan dengan sikap si jantan yang juga membalas kicauan itu.
  3. Dan puncaknya tentu saja keberhasilan penjodohan bisa dilihat JIKA kedua indukan ketika di lepas di kandang penangkaran tidak saling bertengkar dan terlihat akur.

Sebagai Catatan, Adakalanya ketika terlihat berjodoh (dilihat dari tanda-tandanya) namun saat dilepaskan di kandang penangkaran keduanya justru saling kejar satu sama lainnya. Hal itu terjadi karena biasanya si betina terlalu muda alias belum siap kawin, dan itulah alasannya kenapa disarankan memilih indukan betina minimal yang usianya sudah 1 tahun.

Namun meski si betina usianya sudah 1 tahun atau lebih masih sulit dijodohkan, bisa jadi indukan betina itu libidonya sangat lemah sekali. Anda bisa memberinya suplemen khusus penambah hormon libido (estrogen dan progesteron) agar birahinya bisa meningkat.

Ada banyak merek suplemen penambah libido dipasaran, Anda bisa bertanya pada penjualnya kira-kira yang bagus merek apa. Biasanya yang sering digunakan peternak senior itu merek EstroBird khusus untuk indukan betina. Sedangkan untuk indukan jantannya bisa memakai merek TestoBird.

Mengenai harganya tentu saja di tiap kota akan berbeda, di kota-kota besar yang banyak menjual perlengkapan dan obat-obatan burung biasanya lebih murah daripada di kota kecil. Untuk pemakaiannya bisa diterapkan sekitar 1 mingguan sebelum dilepas kembali di kandang penangkaran.

Kesulitan Utama Para Peternak
Cara Ternak Kacer sebelum berhasil biasanya diselingi lebih dulu dengan kejadian-kejadian tak terduga yang menghampiri para peternak. Jangankan para pemula, yang sudah profesional saja terkadang masih menjumpai hal-hal yang diluar kendali ini ketika proses penjodohan berlangsung.

Ada banyak halangan dan rintangan yang seringkali dijumpai ketika kedua indukan dilepas dalam satu kandang penangkaran, mulai dari indukan betinanya yang sangat galak daripada jantannya hingga kematian indukan betina karena serangan dari indukan jantan.

Ada baiknya jika selama proses perkawinan namun si betina belum masuk pada proses bertelur untuk sesering mungkin di awasi, bahkan kalau perlu ada pengawas khusus yang menjaganya dan bila perlu dipasangi kamera CCTV untuk memantau keadaan kandang atau membuat sendiri kamera CCTV (mirip-mirip) seperti yang diajarkan Master Kicau dalam artikel Memantau Kandang Penangkaran Dengan CCTV Buatan Sendiri.

Setelah Telur Menetas dan Anakan Lahir Selamat

Cara Ternak Kacer dengan Perhitungan Usaha
image source (youtube.com)

Biasanya indukan jantan akan ikut membantu indukan betina membuat sarangnya setelah proses perkawinan. Indukan jantan akan menata dan membangun sebagian sarangnya lalu memanggil indukan betinanya untuk masuk ke sarang.

Indukan betina biasanya akan mengeluarkan telur sekitar 3 butir normalnya dan akan mengeraminya selama kurang lebih 14 harian. Proses pengeraman telur akan dilakukan oleh indukan kacer betina, sedangkan yang jantan hanya bertugas menjaganya dibagian luar kotak sarang.

Cara Ternak Kacer yang terbilang sukses jika proses pengeraman oleh indukannya kacer berhasil sampai telurnya menetas dan anakannya lahir dengan selamat dan anakan bisa terus tumbuh hingga usia siap jual ke pasaran.

Anakan sebagai Tanda Keberhasilan Penangkaran
Setelah indukan berhasil mengerami telurnya hingga menetas, maka proses pengasuhan anakan kacer selanjutnya tentu saja terserah Anda. Anda bisa menyerahkan secara total pengasuhan anakan itu kepada indukannya, atau Anda bisa mengasuhnya sendiri setelah 10 hari.

Pelolohan anakan kacer bisa Anda lakukan sendiri atau bisa juga diserahkan ke perawat kacer. Proses pelolohannya bisa dilakukan dengan cara menggunakan suntikan yang ujung suntiknya diganti dengan karet pentil.

Cara Ternak Kacer bagi Pemula dan Perhitungan Usahanya

Laba Menggiurkan Usaha Budidaya Kacer
Jika Anda sudah memutuskan tekad untuk terjun ke dunia penangkaran kacer, maka langkah Anda meraih kesuksesan sudah setengah jalan. Karena bisnis Penangkaran Kacer memang sangat menggiurkan dan banyak dicari sekarang ini.

Berikut kami jelaskan perkiraan dasar besarnya dana yang akan dikeluarkan jika sudah bertekad untuk beternak burung kacer ini. Di beberapa kota tentu saja akan ada perbedaan nilai jual dan beli baik dari kacernya itu sendiri maupun dari peralatan penunjangnya.

Perhitungan Usaha Ternak Kacer

NO.KETERANGANPENYUSUTAN
1.Sewa Lahan Penangkaran1 tahun
2.Kandang Penangkaran5 tahun
3.Bibit Kacer3 tahun
4.Sangkar Kacer3,5 tahun
5.Mesin Pengolah Pakan5 tahun
6.Tempat Minum / Pakan3,5 tahun
7.Alat Pembersih Kandang5 tahun
8.Semprotan / Spary3,5 tahun
9.Timba dan Terpal3,5 tahun
10.Selang3,5 tahun
11.Peralatan Tambahan Lain3,5 tahun

Modal Awal Ternak Kacer

NO.KETERANGANHARGA
1.Sewa Lahan Penangkaran2.000.000
2.Kandang Penangkaran2.500.000
3.Bibit Kacer3.500.000
4.Sangkar Kacer950.000
5.Mesin Pengolah Pakan1.300.000
6.Tempat Minum / Pakan175.000
7.Alat Pembersih Kandang125.000
8.Semprotan / Spary135.000
9.Timba dan Terpal85.000
10.Selang70.000
11.Peralatan Tambahan Lain125.000
Total Modal Awal10.965.000


Biaya Tetap per Bulan

NO.KETERANGANNILAI
1.Penyusutan Sewa Lahan Penangkaran 1/12 x 2.000.000165.000
2.Penyusutan Kandang Penangkaran 1/61 x 2.500.00041.000
3.Penyusutan Bibit Kacer 1/36 x 3.500.00097.000
4.Penyusutan Sangkar Kacer 1/43 x 950.00022.000
5.Penyusutan Mesin Pengolah Pakan 1/61 x 1.300.00021.000
6.Penyusutan Tempat Minum & Pakan 1/43 x 175.0004.000
7.Penyusutan Alat Pembersih Kandang1/61 x 125.0002.000
8.PenyusutanSemprotan 1/43 x 135.0003.000
9.Penyusutan Timba dan Terpal1/43 x 85.0002.000
10.Penyusutan Selang 1/43 x 70.0001.700
11.PenyusutanPeralatan Lain-lain 1/43 x 125.0002.900
10.Penyusutan Selang 1/43 x 70.0001.700
10.Gaji Pegawai /Bulan1.500.000
Total Biaya Tetap1.859.000


Biaya Variabel per Bulan

NO.KETERANGAN BIAYA /BULANSub TOTAL
1.Pakan Kacer 145.000 x 304.350.000
2.Minuman 16.000 x 30480.000
1.Karung 10.000 x 30300.000
2.Alat Habis Pakai 25.000 x 30750.000
1.Vitamin Burung 35.000 x 301.050.000
2.Pakan Tambahan 30.000 x 30900.000
1.Obat / Vaksin 30.000 x 30900.000
2.Bahan Bakar Minyak 5.000 x 30150.000
1.Air Bersih 3.000x 3090.000
2.Listrik 5.000 x 30150.000
1.Lain-lain 25.000x 30750.000
Total Biaya Variabel9.870.000


Total Keuntungan per Bulan

KETERANGANSUB-TOTAL
Hasil Anakan /Bulan 45 Ekor@350.000
Total Pendapatan /Bulan15.750.000
Total Biaya Tetap1.859.000
Total Biaya Variabel9.870.000
Total Biaya Operasional11.729.000
Total Pendapatan /Bulan15.750.000
Total Biaya Operasional11.729.000
Keuntungan per Bulan4.021.000

Perkiraan Balik Modalnya

MODAL AWAL DIBAGI KEUNTUNGANNILAI TOTAL
Total Modal Awal10.965.000
Keuntungan per Bulan4.021.000
Perkiraan Lamanya Balik Modal sekitar2,8 Bulan

Ternyata Cara Ternak Kacer ini memang sangat menggiurkan bukan? Memang benar, modal awal yang dikeluarkan bisa cepat kembali dalam waktu cepat. Meskipun dalam kenyataannya mungkin saja tidak seperti hitung-hitungan di atas, namun tetap saja ke depannya bisnis ini memang sangat menjanjikan.

Gimana sahabat Master Kicau, apa masih pikir-pikir dulu? Semoga ulasan Cara Ternak Kacer yang Mudah dengan Perhitungan Usaha yang sangat lengkap ini bisa memberi banyak gambaran bagi Anda agar makin mantap untuk ber-wirausaha di dunia peternakan burung kacer.