Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Yang Terbukti Ampuh

MasterKicau.com– Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur merupakan hal penting yang paling banyak ditanyakan oleh para peternak lovebird yang masih pemula, karena memang masalah inilah yang seringkali terjadi saat awal-awal memulai usaha ternak burung berkicau tersebut.

Baca Juga : Harga Burung Lovebird Paling Lengkap Terbaru Update

Memang agak membingungkan bagi sebagian peternak, meskipun terlihat normal secara keseluruhan, namun justru lovebird-lovebird tersebut susah banget untuk bertelur meskipun sudah ber-bagai cara dilakukan.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Yang Ampuh
image source (ptnasa.net)

Padahal nih, di alam liar, Lovebird mudah sekali bertelur dan mengerami telur-telurnya. Dan hal itu akan berlangsung secara terus menerus hingga indukan sudah tidak produktif lagi. Namun anehnya, mengapa ketika di dalam kandang penangkaran, si Lovebird justru sulit untuk bertelur ?

Banyak sekaliPenangkar Lovebirdyang mulai gelisah, terutama mereka yang tergolong masih baru di dunia penangkaran lovebird. Masalah yang seringkali muncul pun biasanya beraneka ragam, mulai dari indukan Lovebird sulit sekali dijodohkan, indukan betina yang tidak mau bertelur, hingga saat sang indukan yang seringkali membuang telurnya.

Baca Juga : Harga Lovebird Blorok Lengkap Terbaru Update

Hampir semua peternak lovebird saat awal-awal beternak mengalami kendala semacam itu hingga mereka selalu bertanya-tanyaCara Ternak Lovebird Agar Cepat Berteluryang baik itu gimana sih? Dan kabar baiknya, kami akan berikan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut agar peternak pemula pun tidak akan kesulitan lagi nantinya.

Sebenarnya Lovebird itu hampir sama kondisinya dengan ayam betina yang mudah sekali bertelur, bahkan indukan Lovebird bisa menghasilkan telur (bertelur) meskipun tanpa pasangan jantannya. Namun, telur yang dihasilkan tentu saja telur kosong alias telur yang tidak bisa ditetaskan.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Kalau indukan Lovebird betina sudah melalui proses perkawinan dengan Lovebird jantan, maka sebelum terjadinya pembungkusan pada telur oleh bahan kerabang, sel sperma indukan lovebird jantan akan membuahi dulu sel telur indukan betina, dan hasilnya akan terlihat adanya sebuah nokta hijau di permukaan kuning telur yang biasa dikenal sebagai bakal calon embrio (discus germinalis).

Namun sebaliknya, jika indukan dari Lovebird betina tidak melalui proses perkawinan terlebih dahulu dengan indukan Jantan, maka otomatis telur yang dikeluarkan tidak mempunyai discus germinalis /bakal calon embrio. Artinya, telur lovebird tersebut tidak akan bisa menetas meskipun sang induk sudah mengeraminya.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Yang Terbukti
image source (gemarburung.com)

Penyebab Lovebird Susah Bertelur
Lovebird yang susah sekali bertelur biasanya dikarenakan oleh banyak sebab /faktor, di antaranya sebagai berikut:

  • Lovebird betina yang akan dikawinkan merupakan induk silangan antara lovebird klep dan non-klep. Keturunan langsung atau filial pertama (F1) dari proses persilangan ini biasanya disebut dengan semi-klep, sebagian besar telur nya memiliki sifat infertil. Bahkan dalam sebagian kasus, ada juga Lovebird betina jenis semi-klep ini yang gagal menghasilkan telur.

Baca Juga : Harga Lovebird Batman Beserta Jenis dan Gambarnya

  • Lovebird termasuk dalam golongan burung monomorfik seksual, atau lebih jelasnya antara Lovebird jantan dan betina penampilannya terlihat mirip. Jadinya, kemungkinan besar burung yang kelihatan berjodoh bisa jadi sama-sama berkelamin jantan. Maka dari itu, meskipun kita sudah menunggunya selama bertahun-tahun pun pastinya tidak akan pernah bertelur.
  • Para peternakBurung Berkicaukebanyakan tidak memiliki catatan mengenai usia pasti indukannya, khususnya indukan betina. Jika usianya tidak diketahui, tentu saja ada kemungkinan indukan betinanya memang belum mencapai usia dewasa kelamin saat dikawinkan, hingga susah untuk bertelur.
  • Sebagai perkiraan saja, pilihlah induka lovebird betina dari jenis non-klep dengan usia antara 5 hingga 7 bulan, atau lovebird jenis klep dari usia 8 hingga 12 bulan sebagai calon indukan terbaik.

Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula

Setelah mengetahui gambaran apa saja yang kebanyakan menjadi faktor penentu susahnya lovebird untuk bertelur diatas, sekarang saatnya Anda mengetahui lebih jelas bagaimana Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur yang baik seperti apa.

Memancing dengan Indukan Lovebird lain
Menempatkan pasangan induk Lovebird dalam satu ruangan bisa juga Anda coba, namun tetap harus berbeda kandang.

Cara ini bagi sebagian peternak terbukti cukup efektif karena suara yang dikeluarkan oleh Lovebird betina lain yang sedang bertelur bisa memancing (sifat iri) Lovebird betina yang susah bertelur agar segera kawin dan bertelur secepatnya

Memasang Kotak Sarang atau Gelodok

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Yang Berhasil
image source (tokopedia.com)

Sarang berbentuk kotak atau yang lebih dikenal sebagai gelodok adalah ciri khas tempat Lovebird meletakkan telur dan mengerami nya. Oleh karenanya, perhatikan dengan seksama ukuran glodok maupun tata letaknya agar indukan Lovebird betina jadi betah dan cepat bertelur.

Sedangkan ukuran gelodoknya sendiri, usahakan agar tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar (proporsional). Ukurannya usahakan Anda buat agar pas se-ukuran dengan tubuh Lovebird itu sendiri. Begitupun dengan ukuran lubang pintunya juga jangan kelebaran /terlalu lebar, tapi cukup pas dengan ukuran tubuh lovebird.

Luas ukuran kotak sarangnya bagian dalam pastikan proporsional yakni tidak terlalu sempit ataupun luas. Serutan kayu yang ada di dalamnya cukup setebal 2,5 cm saja, karena kebiasaan induk Lovebird akan menyusunnya kembali sesuai seleranya sendiri.

Gunakan Lampu Full Spektrum Agar Kandang Jadi Hangat
Lampu full spektrum yang suhu rata-ratanya sekitar 5500° Kelvin memang dipercaya bisa membuat indukan Lovebird merasa lebih hangat dan nyaman, hingga mempercepat proses Lovebird bertelur. Lampu full spektrum mengeluarkan cahaya yang hampir mirip dengan sinar matahari.

Lampu jenis ini cukup bagus untuk meningkatkan kesehatan segala jenis burung. Untuk kandang lovebird, sebaiknya Anda tempatkan di bagian atasnya dan aturlah kira-kira kapan lampu harus dinyalakan atau dimatikan. Akan lebih baik jika lampu dimatikan saat malam hari agar burung merasakan seperti berada di alam liar.

Variasi Pakan Indukan Lovebird
Cara ternak lovebird agar cepat bertelur selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memberi menu makanan pada indukan Lovebird betina supaya variasi pakan nya lebih terjaga dan bisa mempercepat proses bertelur.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur
image source (redaksikicau.com)

Contohnya seperti ini, cobalah memberi pakan indukan dengan makanan yang bisa meningkatkan hormon si-betina agar cepat bertelur. Beberapa makanan yang sangat disarankan agar proses bertelur lebih cepat diantaranya biji kwaci, tauge, kangkung dan juga tulang sotong.

Baca Juga : Pakan Lovebird Terbaik Agar Ngekek Panjang dan Sehat

Kandungan kalsium yang cukup tinggi dari tulang sotong sangat bagus bagi indukan lovebird untuk persediaan proses pembungkusan ovum (sel telur) oleh cangkang (bahan kerabang) dalam oviduct.

Untuk induk Lovebird baik yang sedang proses bertelur maupun yang belum bertelur bisa coba berikan kwaci 1 sdm 2 hari sekali. Kemudian saat Lovebird sudah bertelur dan dalam proses akan mengerami cobalah berikan kwaci 3 hari sekali.

Penggantian Air Minum Lovebird
Usahakan sebisa mungkin untuk selalu mengganti air minumnya Lovebird setiap hari dengan air yang baru. Selain itu, saat penggantian air minum tersebut, sebaiknya juga dibersihkan tempatnya dengan cara menggosoknya tangan atau sikat gigi, kemudian jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air yang bersih.

Cara ternak Lovebird agar cepat bertelur memang tidak akan bisa dilepaskan dengan ketersediaan air minum tuk indukan nya, jadi setelah wadah tempat minumnya lovebird Anda bersihkan, tuangkan air ke dalam wadah menggunakan air galon yang cukup bersih.

Pemberian Suplemen Khusus Burung
Suplemen yang diberikan pada lovebird merupakan salah satu upaya untuk merangsang gairah kawin (birahi) indukan Lovebird agar segera melakukan proses perkawinan dan menjadi cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang juga banyak dilakukan oleh para penangkar lovebird profesional.

Biasanya yang paling sering digunakan adalahEbodBreedingyang menjadi salah satu suplemen perangsang birahi dan juga dapat memperbaiki kualitas telur-telur lovebird, seperti yang disarankan oleh Mediaronggolawe.

Pemberian suplemen memang bertujuan agar indukan-indukan lovebird baik yang jantan maupun betina bisa meningkat birahinya dan bisa menjaga kuliatas telur itu sendiri bahkan bisa juga meningkatkan kesehatan anakan lovebird.

Baca Juga : Cara Mencetak Lovebird Biola Yang Sukses Dengan Biaya Minim

Cara ternak Lovebird agar cepat bertelur yang juga seringkali disarankan oleh kebanyakan penangkar adalah dengan memberikan suplemen yang berbeda denganEbodBreeding, yakni memggunakan suplemen khususBirdMature.

Penggunaan suplemenBirdMatureini bagi kebanyakan peternak memang dipercaya bisa dengan mudah meningkatkan birahi Lovebird jantan dan betina dari mulai proses perjodohan awal hingga lovebird bisa lebih mudah ber-proses kawin.

Selain itu, pemberian suplemen ini juga dipercaya dapat meningkatkan nilai persentase telur fertil dan membuat daya tetas telur jauh lebih baik serta bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan anak-anak dari indukan Lovebird tersebut.

Lindungi dari Gangguan Hewan lain
Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur tidak akan bisa lepas dari situasi dan kondisi di sekitar kandang ternak Lovebird haruslah aman tanpa sedikitpun gangguan dari hewan lainnya seperti cicak, tikus, semut, tokek, kucing, ular, anjing, kecoak dan lain sebagainya.

Melindungi lovebird dari gangguan hewan-hewan pengganggu semacam semut, kecoak, ular, tokek dan tikus menjadi salah satu kewajiban bagi seorang peternak. Hal tersebut memang menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan peternak burung, khususnya Burung Berkicau jenis lovebird ini.

Demikianlah beberapaCara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Yang Terbukti Ampuhyang bisa dijadikan panduan bagi Anda yang masih baru dalam dunia peternakan lovebird. Sudah banyak yang mencoba cara di atas ketika akan beternak Burung Lovebird dan memang terbukti berhasil. Semoga bermanfaat.