Memantau Kotak Pengeraman dengan CCTV Buatan Sendiri

MasterKicau.com – Memantau kotak pengeraman memang jadi satu hal yang tak terpisahkan dari seorang penangkar burung kicauan, baik burung livebird, burung murai batu, kacer, burung kenari maupun Burung Berkicau lainnya.

Baca Juga : Memantau Kandang Penangkaran Dengan CCTV Buatan Sendiri

Hal tersebut menjadi sangat penting karena memang dibutuhkan komitmen yang kuat dari seorang penangkar burung jika ingin sukses maka jangan terlalu sering melihat atau memperhatikan glodok /kotak pengeraman indukan nya karena jika terlalu sering dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan burung jadi stres dan telur gagal menetas.

Memantau Kotak Pengeraman dengan CCTV Buatan Sendiri
image source (omkicau.com)

Memang sih, jika tidak melihat perkembangan indukan yang sedang mengerami telur-telurnya di dalam glodok maka pastinya akan selalu penasaran. Apalagi bagi seorang pemula yang baru pertama kalinya melakukan penangkaran burung berkicau.

Pemilihan lokasi penangkaran menjadi salah satu syarat mutlak bagi seseorang yang ingin ternak burung berkicau. Lokasi kandang secara keseluruhan haruslah aman dari berbagai gangguan seperti gangguan dari tikus, ular, semut maupun gangguan dari manusia itu sendiri.

Cara Memantau Kotak Pengeraman

Proses berlangsung nya penangkaran kebanyakan waktunya habis di dalam glodok atau sangkar pengeraman (khususnya indukan betina). Oleh karena itu, penting sekali mengetahui cara mengawasi kotak pengeraman baik melalui CCTV dari hasil pembelian di toko maupun buatan sendiri.

Hal tersebut agar kitanya sebagai penangkar tidak terlalu sering melihat ke dalam kotak pengeraman /glodok yang bisa berakibat indukan betina nya nanti menjadi stress. Kita bisa dengan mudah mengawasi nya melalui CCTV kapanpun dan di mana pun.

Baca Juga : Harga Burung Lovebird Paling Lengkap Terbaru Update

Keberadaan CCTV juga berguna untuk mengawasi kondisi indukan dan kondisi kotak pengeraman secara umum apakah ada ancaman dari hewan lain atau tidaknya. Semua jadi lebih praktis tanpa perlu repot-repot melihat secara langsung ke dalam glodok.

Seringkali saat penangkaran berlangsung, kebanyakan indukan betina tidak mau mengerami lagi telur nya atau malah memecahkan telur-telur nya karena ada sesuatu di dalam kotak pengeraman nya yang tidak kita ketahui.

Hal inilah yang menyebabkan pentingnya cara memantau kotak pengeraman melalui alat bantu CCTV agar kita bisa lebih maksimal mengawasi kondisi kotak pengeraman maupun kondisi indukan itu sendiri.

Mengawasi Kotak Pengeraman dengan Kamera

CCTV buatan sendiri tentu saja jauh lebih murah daripada jika harus membeli CCTV yang sudah jadi satu paket di toko-toko elektronik atau komputer terdekat. Meskipun harganya lebih namun kualitas nya cukup lumayan lah.

Dengan memasang kamera pengawas pada kotak pengeraman, maka kondisi indukan betina yang sedang mengerami telur – telur nya pastilah akan jauh lebih tentram dan nyaman karena lebih sedikit gangguan yang di terima nya.

Baca Juga : Ternak Kenari Yang Sukses Dengan Perhitungan Usahanya

Bahkan jika anak – anaknya sudah lahir pun bisa kita perhatikan proses mulai dari menetasnya telur hingga proses pelolohan oleh indukan kepada anak- anak nya bisa terlihat dengan jelas di dalam kotak pengeraman tersebut.

Bagi peternak burung yang memiliki modal sangat besar tentu saja bukan jadi soal jika harus memasang CCTV berkualitas tinggi yang dilengkapi dengan infra red agar bisa mengawasi dalam kondisi kotak yang gelap sekalipun dengan harga jutaan, namun akan jadi masalah serius bagi seorang pemula yang modal nya saja pas-pasan.

Pemanfaatan kamera webcam yang harganya ratusan ribu bisa menjadi alternatif terbaik sebagai ganti dari kamera CCTV profesional yang harganya bisa sampai jutaan kalau lengkap. Kamera webcam bisa dengan mudah di modifikasi dan dimanfaatkan sebagai pengganti CCTV yang harganya mahal itu.

Dibawah ini kami jelaskan sedikit gambaran step by step nya menjadikan webcam sebagai kamera pengawas kotak pengeraman yang bagus dan tentu saja harga nya murah namun dengan kualitas yang cukup bagus. Simak penjelasan nya di bawah ini :

Dalam ulasan artikel sebelum nya tentang Memantau Kandang Penangkaran Dengan CCTV Buatan Sendiri memang bahasannya seputar pengawasan di dalam kandang penangkaran. Sedangkan untuk memantau kondisi indukan dan sekitarnya yang berada dalam kotak pengeraman /glodok harus menggunakan kamera lain lagi yang sudah di modifikasi.

Baca Juga : Cara Ternak Cucak Ijo Dengan Mudah Untuk Pemula

Kamera yang digunakan untuk memantau kandang penangkaran dengan kotak pengeraman pastilah berbeda baik dari segi ukuran maupun kualitas nya karena besarnya kotak pengeraman dengan kandang juga pasti berbeda, begitupun dengan kondisi pencahayaan di dalam kotak pengeraman yang jauh lebih gelap.

Cara Memantau Kotak Pengeraman dengan kamera buatan sendiri ini memang memiliki banyak sekali manfaat bagi seorang penangkar, beberapa di antaranya adalah :

  1. Bisa mengetahui dengan jelas kapan indukan betina mulai proses bertelur.
  2. Bisa juga mengetahui dengan tepat kapan telur-telur tersebut mulai menetas.
  3. Mengetahui dan mengatasi setiap gangguan yang terjadi di dalam kotak pengeraman, seperti gangguan dari serangan semut, kecoak dan lain sebagainya.
  4. Mengetahui dan mengawasi kondisi anakan dengan jelas kapan dan dimana pun.
  5. Mengetahui dengan tepat kapan kira – kira anakan tersebut mulai bisa diambil untuk dipisahkan dengan indukan nya.

Berikut ini proses pembuatan kamera pengganti CCTV yang disertai dengan gambar nya untuk mempermudah dalam memahaminya beserta dengan peralatan apa saja yang harus dipersiapkan.

Pemilihan Jenis Kamera
Keberadaan kamera webcam saat ini memang bisa di kata sangat jarang sekali digunakan, kalaupun ada barangkali hanya warnet – warnet saja yang masih menggunakan nya. Itupun juga jarang penyewa warnet yang memakainya karena sekarang sudah gak dibutuhkan lagi keberadaannya.

Aneka Jenis Kamera Yang Dapat DIgunakan
image source (omkicau.com)

Aneka Jenis Kamera Yang Bisa Dipakai

Aplikasi sosial media seperti Instagram, Facebook, Skype dan lain nya sudah menggantikan fungsi webcam itu sendiri karena di dalam tiap smartphone sudah dilengkapi dengan kamera yang canggih-canggih.

Oleh karena nya, kita bisa memanfaatkan keberadaan webcam tersebut untuk mengawasi kandang penangkaran maupun kotak pengeraman /glodok karena harga webcam memang jauh lebih murah daripada harga CCTV profesional.

Sama seperti CCTV, kamera webcam juga memiliki beberapa tingkatan fitur yang harganya juga menyesuaikan dengan fitur-fitur di dalamnya. Semakin tinggi fiturnya tentu saja akan makin mahal pula harga nya.

Baca Juga : Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor dan Ngerol Panjang

Beberapa jenis webcam yang beredar di toko-toko komputer memang memiliki fitur dan harga yang berbeda-beda, beberapa fitur pembeda diantaranya adalah :

  1. Jumlah pixel yang sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan nantinya, semakin tinggi pixel maka semakin bagus kualitas gambar atau video nya.
  2. Build in audio yang memungkin suara-suara di sekitar webcam jadi ikut terekam dengan jelas.
  3. Teknologi infra red yang fungsi utamanya agar dapat melihat meskipun kondisi di sekitar webcam gelap gulita.
  4. Teknologi nirkabel yang berguna dalam proses pemasangan webcam tanpa melibatkan kabel sama sekali.
  5. Teknologi IP (internet provider) yang bisa membuat webcam dapat di akses dari mana pun dan kapan pun dengan memanfaatkan jaringan internet (laptop /smartphone).

Cara memantau kotak pengeraman dengan kamera webcam tersebut tentu saja bisa Anda sesuaikan dengan budget keuangan Anda. Namun yang perlu di ingat, jika webcam nya memiliki lampu led sebagai penerang di sekitarnya, maka sebaiknya Anda kurangi atau matikan saja karena bisa menimbulkan suhu panas berlebih dalam kotak pengeraman.

Untuk menggunakan webcam agar bisa dijadikan sebagai kamera pengganti CCTV profesional, tentu saja harus di modifikasi terlebih dahulu webcam nya sebelum digunakan. Hal tersebut untuk menyesuaikan antara webcam dan kotak pengeraman nya, termasuk sistem pemasangan nya nanti.

1 Set Lengkap Perlengkapan Untuk Kotak Sarang
image source (omkicau.com)

Set lengkap perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk mengawasi kotak pengeraman

Skema diagram pemasangan kamera webcam dalam kotak pengeraman jika menggunakan kabel RCA
Sedangkan pemasangan kamera webcam yang menggunakan kabel USB, maka Anda bisa membaca panduan nya pada artikel tentang Cara Pemasangan Kamera Webcam Dengan Kabel USB

Skema Rangkaian Kamera Kotak Pengeraman

Cara Memantau Kotak Pengeraman dengan Webcam
Semua proses pemasangan dan modifikasi webcam ketika akan dijadikan kamera dalam kotak pengeraman tentu saja harus dilakukan sebelum proses penangkaran kedua indukan burung terjadi alias ketika kandang penangkaran masih kosong.

Proses pemasangan kamera nya bisa dilakukan di bagian atas dari glodok atau di dalam glodok itu sendiri. Jika dipasang di bagian dalam kotak pengeraman, maka harus dibuat lubang terlebih dahulu untuk masuknya kabel nantinya.

Baca Juga : Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli Lengkap dengan Gambarnya

Agar lebih jelas, sebaiknya perhatikan gambar berikut agar proses modifikasi dan pemasangan nya bisa berjalan dengan lancar. Tentu saja ilustrasi gambar berikut hanya sebagai contoh saja, Anda bisa berkreasi lebih lanjut sesuai keinginan Anda.

Memasang Kamera Dengan Melubangi Bagian Atas Papan Kotak Pengeraman
image source (omkicau.com)

Proses Pemasangan Kamera dengan Melubangi Bagian Atas Papan Kotak Pengeraman

Proses Pemasangan Kamera Pada Bagian Dalam Kotak Pengeraman
image source (omkicau.com)

Proses Pemasangan Kamera Pada Bagian Dalam Kotak Pengeraman

Setelah proses pemasangan kamera webcam sudah selesai, maka Anda bisa meletakkan kotak pengeraman tersebut di dalam kandang penangkaran. Selanjutnya tentu saja bisa mulai dengan memasang bagian kabel-kabel nya hingga tersambung ke PC atau laptop.

Mengawasi kotak pengeraman melalui webcam tersebut memang cukup membantu bagi seorang penangkar pemula. Meskipun biaya yang dikeluarkan tidaklah semahal CCTV profesional, namun kualitas yang dihasilkan sudah lebih dari cukup.

Proses kreativitas dalam hal pemasangan atau penempatan kamera webcam sangat diperlukan karena setiap orang pastinya punya keinginan yang berbeda dalam hal pemasangan ataupun penempatan kamera nya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Memantau Kotak Pengeraman dengan CCTV buatan sendiri yang cukup mudah dan murah dengan kualitas yang tidak murahan tentu nya. Semoga ulasan tentang kotak pengeraman ini bisa memberi banyak manfaat untuk Anda semua.